Halaman

Tikus Desa Pergi ke Kota


Si Tikus Desa berusaha sungguh-sungguh untuk menyenangkan tamunya, sepupunya dari kota. Dia mengumpulkan makanan terbaik yang dia punya - kacang tanah, kacang polong, gandum, dan potongan keju - dan dia menyiapkan kasur empuk dari bulu domba di tempat paling aman di dalam lubang tempat tinggalnya.
Mereka bersenang-senang dengan berlarian di ladang dan bermain petak umpet di hutan. Tapi Si Tikus Desa tetap penasaran dengan kehidupan sepupunya di kota besar.
"Ikutlah denganku dan lihatlah sendiri!" sepupunya mengajaknya pergi.
Undangan itu dengan cepat diterimanya. Mereka segera pergi, dan akhirnya sampai di sebuah rumah mewah besar tempat tikus kota itu tinggal.
"Kita tiba tepat waktu," katanya. "Aku mencium ada sebuah jamuan makan yang sedang disiapkan. Kita akan makan besar malam ini!" Hidungnya berkedut-kedut dengan semangat.
Benar-benar jamuan makan besar! Mereka bersembunyi di bawah lemari di dapur dan mereka berlarian mencicipi makanan-makanan lezat yang belum pernah dirasakan Si Tikus Desa.
Dilahapnya dengan rakus! Perutnya bahkan sudah buncit seperti bola sebelum jamuan makannya dimulai.
Akhirnya para tamu undangan datang dan pintu ke ruang makan dibuka. Tikus-tikus itu segera lari ke ruang makan memunguti remah-remah yang jatuh ke bawah meja. Tetapi ketika mereka tiba di ujung ruangan, dua ekor anjing melompat dan dengan cepat mengejar mereka.
"Cepat ikuti aku!" kata sepupunya dan mereka lari ke bawah lemari kecil ke lubang persembunyiannya.
Mereka hampir saja terlambat. Udara panas dari nafas anjing-anjing menyelubungi Si Tikus Desa, saking dekatnya ia dengan hidung anjing itu. Dia bergidik ketakutan.
"Rumahmu bagus sekali sepupu! Dan kamu sudah menyajikan untukku makanan yang lezat," katanya. "Tapi aku mau cepat pulang. Kehidupan di kota terlalu ramai untukku."
Dia lalu bergegas pergi, secepat kaki kelabunya bisa membawanya berlari.

Terjemah bebas dari : The Country Mouse in Town, Richards Topical Encyclopedia. 1951

Pesan dari cerita ini adalah : kebahagiaan dan ketentraman hidup seringkali tidak bisa diperoleh dari hidup mewah.