Halaman

Harta Tersembunyi



Udara terasa dipenuhi dengan aroma manis anggur dan barisan tanaman dipenuhi dengan kumpulan buah anggur. Tempat ini benar-benar ladang anggur yang indah. Anggurnya berwarna ungu bulat dan tampak ranum.
"Bagaimana kalian bisa menumbuhkan tanaman anggur yang begini bagus?" tanya seorang petani dari lembah sebelah kepada tiga orang kakak beradik yang sedang bekerja di ladang anggur itu.
Yang paling tua dari mereka lalu berhenti sejenak dan menjawab, "Ketika bapak kami sedang sakit parah, beliau memanggil kami dan mengatakan bahwa ladang anggur ini adalah milik kami bertiga. Beliau berjanji bahwa jika kami bekerja keras, kami akan mendapatkan harta karun yang terkubur di dalam tanah di antara tanaman-tanaman anggur."
"Untuk beberapa lama," kata saudara yang kedua menambahkan, "kami bekerja siang dan malam dengan sekop kami sehingga kami telah membalikkan semua tanah di ladang kami."
"Dan kemudian," si bungsu melanjutkan,"kami memperhatikan ternyata tanaman anggur kami yang sebelumnya pendek dan penuh semak semak menjadi tumbuh lebih kuat setiap harinya, dan buahnya menjadi lebih manis."
"Ya, ya, saya mengerti," petani itu menjawab. "Buah yang manis inilah harta karun terpendam itu."
"Kerja keras itu sendiri adalah harta karun," tambahnya. Dia kemudian bersandar di pagar dan memetik sebuah anggur yang ranum.     

Terjemah bebas dari : The Hidden Treasure , Richards Topical Encyclopedia. 1951

Pesan dari cerita ini adalah : nasihat dari orang tua sering kali tidak kita sadari kebenarannya sekarang, tetapi lambat laun kita akan mengetahui kebenarannya. Dan bekerja keras adalah satu langkah menuju keberhasilan.